28 September 2021

ANBK 2021

51 times

ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)

 

 

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM merupakan penilaian komputensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua (2) kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca maupun numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pemgetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan menilah serta mengolah informasi.

 

 

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga indonesia dan warga dunia serta untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

 

 

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jens konteks yang relevan untuk indiidu sebagai warga indonesia dan warga dunia. 

 

 

 

 

 

Last modified on Tuesday, 28 September 2021 05:27